Marsekal Khalid bin Walid: Senjata Allah

by -121 Views

Khalid bin Walid dianggap sebagai salah satu jenderal terbaik sepanjang sejarah manusia. Dikarenakan perannya, Islam menjadi agama besar. Meskipun pada awalnya ia melawan Islam, setelah memeluk agama tersebut, ia memimpin ratusan pertempuran untuk membela Islam. Walaupun hampir selalu berada dalam keadaan kalah jumlah dan menghadapi kerajaan Romawi Timur dan Persia yang memiliki persenjataan lebih baik, namun Khalid tidak pernah kalah dalam pertempuran. Kehebatannya sebagai jenderal perang membuatnya mendapat gelar “Pedang Allah” oleh Nabi Muhammad SAW.

Seperti Nabi Muhammad SAW, Khalid lahir di Mekkah dan berasal dari bangsa Quraish. Ayahnya, Walid bin Mughirah, merupakan seorang saudagar Quraish yang terkemuka. Khalid memulai karirnya dengan berperang melawan Islam, namun setelah memeluk Islam, ia menjadi pemimpin dalam banyak pertempuran untuk membela Islam.

Menurut Nabi Muhammad SAW, Khalid dianggap sebagai jenderal terbaik sepanjang sejarah karena keberaniannya. Ia membuktikan bahwa pasukan yang unggul secara taktik dapat selalu mengalahkan pasukan yang lebih banyak jumlahnya dan memiliki persenjataan lebih baik. Sebagai contoh, saat pasukan Khalid dan pasukan Amr Ibn Al-Ash berjumlah 10.000 orang, mereka berhasil mengalahkan 50.000 pasukan Romawi Timur di Ajnadayn.

Selain itu, kepahlawan Khalid terlihat ketika pasukannya mengepung kota Yerusalem. Meskipun mereka memiliki kekuatan untuk menyerang, Khalid menunggu hingga pimpinan kota Yerusalem memilih untuk menyerahkan kota secara damai kepada pimpinan umat Islam, Khalifah Umar.

Ketiga, Khalid merupakan pemimpin yang memimpin perang dari garis depan. Ia selalu berada di tengah-tengah pasukan dan memimpin gerakan-gerakan taktis yang sulit. Ia bahkan bersama pasukannya merasakan kesulitan menerobos gurun pasir untuk berhari-hari. Ini mengindikasikan tingkat kesetiaan dan keteguhan hati pasukannya.

Dengan prestasi yang gemilang, Nabi Muhammad SAW memberikan gelar “Pedang Allah” kepada Khalid bin Walid. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan bagi semua orang yang ingin mempelajari sejarah pemimpin militer dunia untuk mempelajari rekam kepemimpinan Khalid bin Walid.