Pembebasan Bangladesh – prabowo2024.net

by -110 Views

Mayor Jenderal Sukhwant Singh menulis dalam Buku 2 Kepemimpinan Militer, bahwa Angkatan Darat India adalah tentara terbesar ketiga di dunia dengan 1,3 juta prajurit. India memiliki perbatasan darat 3300 KM dengan Tiongkok, dan 4000 KM dengan Bangladesh, sehingga strategi dan kemampuan Angkatan Darat India sangat penting dalam mempertahankan kedaulatan dan keamanan India.

Sejak India memisahkan diri dari Inggris tahun 1947, Angkatan Darat India telah menghadapi setidaknya lima konflik besar. Salah satu buku yang membahas taktik dan strategi AD India adalah yang ditulis oleh Mayor Jenderal Sukhwant Singh, yang secara khusus fokus pada Perang Pembebasan Bangladesh.

Perang Bangladesh dipicu oleh aksi kelompok separatis “Mukti Bahini” di provinsi Pakistan Timur untuk mendirikan negara independen. Tentara Pakistan menggunakan kekerasan berlebih dalam menghadapi pasukan gerilya Mukti Bahini, yang menyebabkan 10 juta warga Pakistan Timur melarikan diri ke India, dan 30 juta warga kehilangan rumah.

AD India beraliansi dengan Mukti Bahini atas alasan kemanusiaan, dan mengirimkan senjata dan perbekalan ke mereka. Hal ini menyebabkan tentara Pakistan melancarkan serangan pendahuluan ke pelabuhan udara yang digunakan oleh AD India di bagian India utara. Pengeboman pelabuhan udara ini memicu turunnya AD India ke Pakistan timur.

Kejadian ini menunjukkan bagaimana AD India menggunakan intelijen lapangan untuk benar-benar mengetahui kekuatan tentara Pakistan. Dengan mengetahui persis jumlah pasukan dan kemampuan logistik Pakistan, dibantu dengan blokade udara dan air oleh AL dan AU India agar Pakistan tidak dapat menerima bantuan logistik, Letnan Jenderal Jangjit Singh Arora bisa memaksa Letnan Jenderal Amir Khan Niazi menyerahkan 93.000 tentara Pakistan ke India.