Tantangan Global yang Diakibatkan oleh Meningkatnya Populasi: Permasalahan Strategis Bangsa

by -70 Views

Dengan populasi hampir 280 juta jiwa, Indonesia saat ini adalah negara keempat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Namun, dengan pertumbuhan populasi sebesar 1,1% setiap tahun, posisi Indonesia dalam waktu dekat akan tergeser oleh Nigeria yang jumlah penduduknya lebih banyak.

Diperkirakan pada tahun 2045, jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 324 juta jiwa. Artinya, dalam 20 tahun akan terdapat tambahan 44 juta jiwa, hampir sama dengan jumlah penduduk di Provinsi Jawa Barat saat ini.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dunia dan Indonesia, diperlukan peningkatan produksi pangan sebesar 56% untuk memenuhi kebutuhan 10 miliar penduduk dunia pada tahun 2050. Hal ini akan membutuhkan lahan pertanian tambahan setara dengan dua kali lipat luas negara India. Tantangan untuk memenuhi kebutuhan pangan untuk semua akan sangat besar.

Dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan perubahan iklim, negara-negara akan semakin fokus pada produksi pangan untuk kebutuhan domestik. Oleh karena itu, Indonesia perlu melakukan upaya swasembada pangan dengan urgensi yang lebih besar.

Selain itu, Indonesia juga perlu menyediakan lapangan kerja, sekolah, rumah sakit, sanitasi, dan infrastruktur pendukung lainnya untuk memastikan seluruh penduduk dapat hidup dengan layak. Semua ini akan menjadi tantangan yang besar.

Sumber: https://prabowosubianto.com/tantangan-strategis-global-meningkatnya-populasi/

Source link