Prabowo Subianto-Gibran Memimpin dengan Jelas dalam Pemilihan Presiden, Indikator Politik Menyatakan Suara dari Kalangan NU Berpengaruh

by -76 Views

Jakarta – Hasil analisis exit poll yang dirilis oleh lembaga survei Indikator Politik menunjukkan salah satu faktor yang membuat pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul jauh dalam Pilpres 2024 dan berpotensi memenangkan dalam satu putaran.

Peneliti Utama dari Indikator, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, selain dari faktor pemilih muda yang berpartisipasi dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), kemenangan besar Prabowo-Gibran juga dipengaruhi oleh kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Dari temuan Indikator, sebanyak 59 persen warga NU memilih pasangan Prabowo-Gibran pada 14 Februari lalu. Bahkan, berdasarkan hasil pra-pemilihan, pasangan nomor urut 02 mendapat dukungan yang besar.

“Ini adalah mengapa elektabilitas Pak Prabowo lebih tinggi dari perkiraan tertinggi,” jelas Burhanuddin.

Exit poll dilakukan di 3.000 TPS yang tersebar di setiap wilayah pemilihan. Sampel dipilih dengan metode stratified two-stage random sampling. Sebanyak 2.975 responden kemudian diwawancara.

Sementara tingkat toleransi kesalahan atau margin of error adalah +/- 1,8% pada tingkat kepercayaan 95%. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/prabowo-subianto-gibran-unggul-telak-di-pilpres-indikator-politik-sebut-suara-kalangan-nu-berperan/

Source link