Pengamat Politik: Amin Jokowi memberi Bintang 4 untuk Prabowo setelah Pemilu yang Tak Politis

by -71 Views

Jakarta — Pengamat Politik Ujang Komaruddin berpendapat bahwa pemberian pangkat jenderal bintang empat yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Prabowo Subianto tidak bersifat politis. Menurutnya, Prabowo layak menerima penghargaan tersebut karena kontribusinya yang besar bagi bangsa dan negara Indonesia. Selain itu, menurut Ujang, Prabowo seharusnya sudah menerima penghargaan tersebut sejak tahun 2022.

Pada tahun 2022, Prabowo telah dianugerahi empat tanda kehormatan militer utama, yaitu Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, dan Bintang Swa Buwana Paksa Utama.

“Kenaikan pangkat jenderal bintang empat untuk Prabowo bukanlah hal politis, tetapi sudah sepantasnya diberikan kepada Pak Prabowo,” ujar Ujang.

Seperti yang diketahui, Jokowi langsung memberikan kenaikan pangkat jenderal bintang empat kepada Prabowo saat Rapim TNI & Polri di Mabes TNI Cilangkap pada Rabu (28/2).

Ujang juga menyoroti bahwa Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan Luhut Binsar Pandjaitan juga pernah menerima penghargaan yang sama pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri dan Abdurrahman Wahid.

“Pak SBY dan Pak Luhut pun pernah mendapatkan penghargaan yang sama. Sebelumnya banyak jenderal bintang tiga yang kemudian dinaikkan pangkatnya menjadi bintang empat sebagai tanda kehormatan dari pemerintah dan negara, ini adalah suatu kehormatan bagi yang bersangkutan,” tambah Ujang.

Ujang menegaskan bahwa pemberian kenaikan pangkat dan tanda kehormatan kepada Prabowo adalah hasil dari kerja kerasnya untuk bangsa Indonesia dan tidak memiliki kaitan dengan politik.

“Jadi, jelas bahwa pemberian bintang empat kepada Prabowo bukanlah hal politis, jadi jangan dikaitkan dengan politik. Pemberian penghargaan kepada Prabowo diberikan setelah Pemilu karena sumbangsihnya yang besar kepada bangsa dan negara,” tutupnya. (SENOPATI)

Sumber:

Source link