Unjuk rasa di depan DPR berakhir dengan kerusuhan, massa berhasil dihentikan

by -93 Views

Loading…

Massa pendemo yang mendukung hak angket untuk mengusut dugaan pemilu curang di Gedung DPR mengalami kerusuhan. Pada pukul 20.16 WIB, Selasa (19/3/2024) massa akhirnya dipukul mundur oleh polisi. Foto: iNews Media/Ismet Humaedi

JAKARTA – Massa pendemo yang mendukung hak angket untuk mengusut dugaan pemilu curang di Gedung DPR mengalami kerusuhan. Pada pukul 20.16 WIB, Selasa (19/3/2024) massa akhirnya dipukul mundur oleh polisi untuk membubarkan diri.

Kericuhan ini terjadi setelah massa membakar ban dan spanduk raksasa. Setelah itu, mereka dipaksa mundur karena polisi menganggap sudah memberi kelonggaran waktu aksi hanya sampai pukul 18.00 WIB.

Sebelumnya, orator dari atas mobil komando menyerukan bahwa aksi mereka akan bertahan sampai pukul 22.00 WIB.

“Kita pulang karena diusir, tapi kita akan kembali dengan jumlah massa yang lebih besar. Kita akan pulang, tapi kami minta dua rekan kami yang ditahan untuk dikembalikan kepada kami, kami bukan kriminal!” teriak orator dari mobil komando.

Pada pukul 20.45 WIB, aparat kepolisian terus maju untuk membubarkan para demonstran. Meski sebagian massa tetap berusaha melawan.

Namun, massa aksi tidak memiliki perlengkapan tempur yang memadai. Aparat kepolisian yang dilengkapi dengan helm dan tameng terus menerjang untuk memukul mundur barisan demonstran.

Satu unit water cannon juga berjaga di dalam Gedung DPR di sekitar Kompleks Parlemen.

(jon)