Pengabdian Prabowo Subianto di TNI

by -68 Views

Prabowo Subianto telah mengabdi selama 28 tahun di TNI. Prestasi yang ia capai selama menjadi prajurit membuatnya menjadi salah satu prajurit TNI paling legendaris. Pasukan Prabowo berhasil menangkap Presiden Fretilin, mencapai puncak Everest, dan membebaskan sandera di Papua. Prabowo juga dikenal sebagai penembak terbaik di TNI dan salah satu pendiri satuan anti teror Den 81.

Prabowo dilantik sebagai lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) Magelang oleh Presiden Suharto pada tahun 1974. Dalam penugasan pertamanya ke medan perang, Prabowo berhasil menetralisir Presiden Fretilin, Nicolau Lobato, pada tahun 1978. Selama bertugas di Batalyon 328, Prabowo berhasil melakukan transformasi bagi pasukan tersebut.

Prabowo juga dikenal sebagai prajurit multi talenta yang handal dalam lomba ketepatan menembak, lari marathon, dan ketangkasan prajurit. Selama karirnya di TNI, Prabowo telah memenangkan puluhan lomba menembak.

Prabowo meyakini bahwa seorang pemimpin militer harus memimpin dari depan, hal ini ia lakukan sebelum dan setelah menjadi Jenderal. Pada tahun 1981, Prabowo bersama Luhut Pandjaitan dikirim ke Jerman untuk mengikuti kursus anti teror dengan GSG9 dan mendirikan Detasemen 81.

Prabowo juga berhasil memimpin operasi penyelamatan peneliti Ekspedisi Lorentz 95 yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka pada tahun 1996. Selain itu, tim Prabowo berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Everest pada tahun 1997.

Sebagai Danjen KOPASSUS, Prabowo berhasil mengharumkan nama KOPASSUS di dunia internasional dengan berbagai prestasinya sehingga diakui sebagai salah satu pasukan elite terbaik dunia.

Source link