Bappebti: Pemblokiran Situs Web sebagai Langkah Pencegahan Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal

by -75 Views

Pada tahun 2023, Bappebti telah memblokir 1.855 situs web yang melakukan kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal. Tindakan ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dan mengatur kegiatan perdagangan berjangka komoditi agar sesuai dengan hukum.

Menurut Plt. Kepala Bappebti, Kasan, masih banyak penawaran kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal yang marak terjadi di Indonesia melalui media sosial, situs web, dan aplikasi ponsel pintar. Masyarakat diimbau agar waspada terhadap penawaran tersebut.

Bappebti terus melakukan upaya preventif dan represif untuk mencegah penipuan dan kerugian dari kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal. Masyarakat juga diharapkan aktif melaporkan kegiatan ilegal tersebut kepada Bappebti.

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan, Aldison, menegaskan bahwa setiap entitas yang melakukan kegiatan perdagangan berjangka komoditi di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti dan mematuhi hukum yang berlaku.

Entitas ilegal yang ingin berbisnis di Indonesia harus mengajukan izin terlebih dahulu. Pemblokiran situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal dapat dibuka kembali jika entitas tersebut mematuhi hukum.

Pastikan untuk memeriksa legalitas perusahaan sebelum melakukan transaksi dan hindari penawaran yang terlalu menarik. Periksa profil dan legalitas pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi melalui situs web resmi Bappebti.

Sumber: Bappebti Blokir 1.855 Situs Internet Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal
Sumber: Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal