Siswa RI Mencetak Rekor dengan Meraih 5 Medali Emas Olimpiade

by -100 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Mirip dengan Misckha Devon! Seorang siswa dari SMA Negeri 2 Depok bernama Muhammad Suraz Harfansyah berhasil mendapatkan 5 medali emas dan 1 medali perunggu dalam ajang Grand Final Olimpiade Tingkat Nasional hanya dalam waktu 1 hari. Prestasi ini menjadi rekor baru untuk jumlah medali emas terbanyak yang diraih oleh satu orang dalam satu waktu. Tak hanya itu, Muhammad Suraz juga mendapatkan penghargaan tertinggi dengan total jawaban benar sebanyak 48, sehingga meraih skor tertinggi dalam kompetisi olimpiade tersebut.

Suraz mencapai prestasi gemilang ini dalam acara International Science Qualification Olympiad yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara. Ia berhasil melewati babak penyisihan dan mencapai babak final pada hari Minggu, 27 Agustus 2023.

Ia berhasil membawa pulang 5 medali emas dalam bidang Kimia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris 1, Bahasa Inggris 2, dan Geografi. Sementara itu, 1 medali perunggu diraih dalam bidang Matematika.

“Prestasi ini bisa dicapai berkat dukungan penuh orang tua dan keluarga. Saya ingin berterima kasih kepada Kepala Sekolah dan Dewan Guru yang selalu membimbing dan mengajar saya, serta teman-teman di grup belajar yang mendukung sehingga prestasi yang sebelumnya terlihat mustahil bisa diraih,” ungkap Suraz.

Sekolah juga memberi tanggapan positif atas pencapaian prestasi Suraz. “Tentu saja, atas pencapaian prestasi hebat ini, seluruh warga sekolah mengucapkan selamat dan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah mengharumkan nama SMA Negeri 2 Depok. Semoga prestasi ini dapat terus berlanjut di masa depan,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Depok, Dr. H. Wawan Ridwan, S.Pd.MH, M.Si.

Selain menjadi siswa berprestasi, Suraz yang saat ini duduk di kelas 12 juga dikenal sebagai influencer dan seorang pengusaha. Ia mengelola UMKM bernama Liiystore yang berfokus pada pemasaran digital atau e-Commerce, khususnya dalam pendistribusian busana muslim ke seluruh wilayah Indonesia dan juga diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara seperti Brunei, Malaysia, Thailand, Myanmar, Timor Leste, dan Filipina.

Suraz berharap di masa depan, ia dapat memiliki perusahaan besar yang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Ia juga mengajak generasi milenial untuk lebih produktif dan memanfaatkan teknologi dengan cara yang positif.

“Waktu yang dimiliki di masa muda sebaiknya digunakan untuk belajar, berkarier, dan melakukan berbagai kegiatan positif lainnya daripada mencari hiburan yang tidak bermanfaat,” ujarnya.

(ayh/ayh)