Prabowo Menyusun Proyek Percobaan Rumah Panggung dan Terapung di Pantura, Dikerjakan oleh Unhan

by -69 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengusulkan dan memerintahkan Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk melaksanakan proyek ujicoba pembuatan rumah panggung dan terapung guna mengatasi kesulitan masyarakat yang menghadapi masalah banjir.

“Jadi saya menugaskan Universitas Pertahanan untuk melakukan proyek ujicoba pembuatan pemukiman murah di kawasan yang terendam air,” kata Prabowo saat menjadi pembicara utama dalam seminar nasional dengan tema ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, Rabu (10/1).

Lebih lanjut, Prabowo menyatakan bahwa dengan bantuan dari PT PAL, PT Len, serta para insinyur dari Universitas Pertahanan, saat ini telah ditemukan dua prototipe rumah terapung dengan harga sebesar Rp130 juta.

“Dengan bantuan dari PT PAL, PT Len, serta para insinyur dari Universitas Pertahanan, kami telah menemukan 2 prototipe rumah terapung murah yang harganya 130 juta rupiah per rumah. Sudah termasuk panel surya, dan tangki septik. Sehingga rumah tersebut bisa berfungsi tanpa ketergantungan listrik PLN dan memiliki sanitasi yang bersih,” kata Prabowo.

Proyek tersebut telah dimulai. Menurut Prabowo, pihaknya menganggarkan sebesar Rp150 juta. Ia berharap dengan adanya program tersebut, masyarakat Indonesia yang tinggal di Pantura dapat hidup dengan layak.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga telah melakukan program serupa dengan membangun desa nelayan. Prabowo juga berharap dapat muncul replikasi di sejumlah wilayah lainnya.

“Dalam hal ini, saya berharap tokoh-tokoh, pengusaha, dan sebagainya bisa ikut membantu proyek ini. Saya juga mendorong kementerian-kementerian lainnya untuk ikut mendukung dengan regulasi dan sebagainya agar kita dapat segera meningkatkan kualitas hidup rakyat kita,” tambah Prabowo.

Prabowo juga mendukung realisasi pembangunan giant sea wall di Pantura bersama menteri lainnya untuk mencegah terjadinya banjir rob.

“Kita perlu mengumpulkan otak-otak terbaik bangsa. Percepat pembangunan giant sea wall,” ujarnya. (SENOPATI)

Source link