Cak Imin Berencana Menghentikan Food Estate jika Terpilih, Nusron Wahid: Anomali karena Kebelet Ambisi

by -87 Views

Jakarta – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid, menyesalkan pernyataan dari calon Wakil Presiden nomor urut 1 yang menegaskan akan menghentikan Program Food Estate jika terpilih. Nusron menyebut, ambisi untuk mendapatkan kekuasaan seharusnya tidak perlu menghentikan program strategis jangka panjang seperti Food Estate.

“Banyak anomali pemikiran, sikap, dan tindakan beliau sejak mencalonkan diri sebagai Wapres. Mungkin karena terlalu ambisius sehingga banyak hal yang disampaikan tidak rasional, dan tidak konsisten,” tutur Nusron kepada wartawan, Senin (15/1/2024).

Nusron Wahid menjelaskan bahwa food estate mutlak diperlukan karena Indonesia menghadapi krisis pangan.

“Jumlah penduduk kita terus bertambah, hampir 3 juta per tahun. Sementara lahan pertanian kita terus berkurang. Sementara semua rakyat kita butuh makan. Ini soal hidup dan mati, makanya Presiden Jokowi mencetuskan program Food Estate ini. Tidak ada pilihan lain, karena kita harus mandiri dalam pangan,” katanya.

Karena sifatnya yang strategis, Nusron menyebut program Food Estate tersebut tidak bisa dinilai dalam jangka waktu pendek.

“Food Estate membuka lahan baru yang sebelumnya tidak produktif menjadi lahan untuk tanaman pangan. Ini tidak terjadi secara cepat, butuh bertahun-tahun agar tanah ini berubah menjadi produktif,” ungkapnya.

“Jadi program ini bukan hal yang instan. Dalam jangka pendek mungkin belum terlihat hasilnya, apalagi kemarin kita sempat dihentikan oleh Covid. Namun, dalam jangka panjang kita harus optimis bahwa ini akan mencapai hasil yang optimal. Para petani yang ingin menggarap juga akan mendapatkan keuntungan,” lanjut Nusron.

Nusron Wahid kemudian menghimbau calon pemimpin agar tidak sembarangan dalam mengjanjikan penghentian program yang sedang berjalan.

“Menghentikan program yang sedang berjalan berarti membuang-buang. Ini akan menimbulkan pemborosan dan kerugian karena uang rakyat sudah digunakan,” ujarnya.

“Yang terbaik tentu saja melanjutkan dan menyempurnakan program yang ada. Namun, jika ingin menawarkan perubahan itu sah-sah saja. Namun, seharusnya tidak mundur ke belakang, apalagi menyia-nyiakan uang rakyat yang sudah digunakan,” tutup Nusron Wahid. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/cak-imin-akan-hentikan-food-estate-jika-terpilih-nusron-wahid-anomali-akibat-kebelet-ambisi/

Source link