Gibran Memperhatikan Pentingnya Transformasi Digital: Generasi Muda Berperan Sebagai Ahli Data Science dan Game Designer

by -81 Views

Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa proses hilirisasi digital membutuhkan tenaga anak muda yang ahli di berbagai bidang yang terkait dengan teknologi.

“Hilirisasi digital memerlukan anak muda yang mahir dalam bidang ilmu data, peneliti kecerdasan buatan (AI), desainer video game, desainer UX, insinyur robotik, insinyur pembelajaran mesin, teknologi finansial, keamanan cyber, dan lain-lain,” kata Gibran dalam acara ‘Suara Muda untuk Prabowo-Gibran, Menjemput Indonesia Maju’ di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (27/1).

Menurut Gibran, melalui hilirisasi, sekitar 19 juta lapangan kerja akan tersedia untuk semua kalangan, termasuk generasi Z dan kaum disabilitas, dalam waktu 5 tahun mendatang.

“Manfaat dari hilirisasi juga akan menciptakan lapangan kerja hingga 19 juta dalam 5 tahun ke depan. Ini adalah peluang yang luar biasa, khususnya bagi generasi milenial, generasi Z, kaum perempuan, dan juga para teman disabilitas,” ujarnya.

Potensi bonus demografi Indonesia pada tahun 2030 harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Oleh karena itu, Gibran menyarankan agar terus mengasah keterampilan yang akan sangat berguna di masa depan.

“Kelebihan SDM pada usia produktif seperti ini adalah berkah besar bagi bangsa kita, yang dikenal sebagai bonus demografi, yang akan mencapai puncak pada tahun 2030 dan berakhir pada tahun 2045,” tambahnya.

“Hilirisasi akan berhasil jika kita sebagai manusia Indonesia mau terus mengasah keterampilan dan kemampuan masa depan,” tegasnya. (SENOPATI)

Source link