Prabowo Akan Sekolahkan 10.000 Calon Dokter dan Tingkatkan Jumlah Fakultas Kedokteran untuk Atasi Kekurangan 140.000 Dokter

by -77 Views

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, menjadikan program peningkatan jumlah dokter sebagai prioritasnya untuk menutup kekurangan dokter di Indonesia. Pada debat kelima di JCC Senayan, Jakarta, Prabowo menyatakan bahwa pemerintah perlu segera mengambil tindakan darurat untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

Menurut Prabowo, kekurangan dokter di Tanah Air mencapai 140.000 orang. Untuk mengatasi hal ini, ia mengusulkan program menyekolahkan 10.000 dokter melalui bantuan belajar atau mendorong spesialis untuk mengajar calon dokter. Selain itu, Prabowo juga berencana untuk menambah jumlah fakultas kedokteran di Indonesia dari 92 fakultas menjadi 300 fakultas.

Prabowo memberikan contoh di Atambua, Nusa Tenggara Timur, yang hanya memiliki 1 dokter untuk melayani beberapa kabupaten, padahal seharusnya memiliki belasan dokter. Hal ini menjadi contoh nyata dari kekurangan dokter di Indonesia.

Selain peningkatan jumlah dokter, Prabowo juga berencana untuk membangun rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota, serta Puskesmas modern di setiap desa di seluruh Indonesia sebagai dukungan infrastruktur kesehatan.

Source link