Survei Indikator: Tingkat Kepuasan Pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terhadap Kinerja Jokowi

by -61 Views

Jakarta – Lembaga Indikator Politik Indonesia telah merilis hasil survei pasca-Pemilu 2024. Menurut survei tersebut, banyak pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dari data yang kami peroleh, sebanyak 76,6% masyarakat merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi saat ini. Hasil survei ini sejalan dengan exit poll yang kami rilis minggu lalu, dimana sekitar 58% pemilih paslon Prabowo-Gibran menyatakan bahwa mereka puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden,” kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam kanal YouTube Indikator Politik Indonesia pada Rabu (28/2/2024).

Burhanuddin menjelaskan bahwa hal ini menunjukkan optimisme di tengah tekanan inflasi yang terutama terkait dengan kenaikan harga beras.

“Dari pemilih Ganjar-Mahfud sebanyak 16%, sekitar 74,8% di antaranya juga mengakui puas dengan kinerja Jokowi. Sementara dari pemilih Anies-Muhaimin, mayoritas merasa tidak puas sebanyak 53,3%. Ini menunjukkan pentingnya posisi politik. Pendukung Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran sama-sama merasa puas dengan kinerja Jokowi. Dan ini dapat menjelaskan mengapa elektabilitas Ganjar-Mahfud terpukul cukup keras pada pemilu sebelumnya,” jelas Burhanuddin.

Survei ini melibatkan target populasi WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Sampel survei dipilih melalui metode random digit dialing (RDD) dengan melibatkan 1.227 responden.

Margin of error dari survei ini sebesar +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Wawancara dengan responden dilakukan melalui telepon oleh pewawancara yang telah terlatih. Survei dilakukan pada tanggal 18-21 Februari 2024. (SENOPATI)

Source link