Prabowo Menerima Penganugerahan Jenderal Bintang 4 dari Presiden Jokowi

by -74 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima penghargaan jenderal bintang 4 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2).

“Penghargaan ini merupakan pengakuan dan apresiasi atas pengabdian penuhnya kepada rakyat, bangsa, dan negara. Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” kata Jokowi.

Jokowi memberikan kenaikan pangkat istimewa kepada Prabowo sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024.

Penganugerahan pangkat istimewa TNI kepada Prabowo ini sejalan dengan Undang-Undang yang berlaku saat ini, yaitu Undang-Undang Nomor 20 tahun 2009. Dalam undang-undang tersebut diatur mengenai pengangkatan atau kenaikan pangkat istimewa.

Sebelumnya, pada tahun 2022, Prabowo telah menerima empat tanda kehormatan bintang militer utama, termasuk Bintang Yudha Dharma Utama; Bintang Kartika Eka Paksi Utama; Bintang Jalasena Utama; dan Bintang Swa Buwana Paksa Utama.

“Pada tahun 2022, Bapak Prabowo Subianto menerima Bintang Yudha Dharma Utama atas jasanya di bidang pertahanan, memberikan kontribusi besar bagi kemajuan TNI dan negara,” kata Jokowi.

Pemberian anugerah ini seharusnya dilakukan dua tahun lalu, mengingat penganugerahan tanda kehormatan bintang militer utama sebelumnya.

Jokowi juga menyebut bahwa pemberian anugerah tersebut telah melalui verifikasi Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, serta diusulkan oleh Panglima TNI sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009.

Selama karier militer, Prabowo pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus dan Panglima Kostrad. Dia juga berhasil memimpin Operasi Mapenduma di tahun 1996 yang berhasil membebaskan sandera dari Organisasi Papua Merdeka.

Prestasi lainnya termasuk pengibaran bendera Merah Putih di puncak Everest pada tahun 1997, di mana Prabowo menugaskan tugas tersebut kepada Serka (Purn) Asmujino dan Brigjen Iwan Setiawan.

Meskipun menghadapi risiko hidup, semangat tinggi akhirnya membuahkan hasil dengan berhasilnya pengibaran Merah Putih di puncak gunung tersebut.

Source link