Besok, Ribuan Buruh akan Menggelar Aksi di Patung Kuda dan Senayan untuk Memperingati May Day

by -68 Views

Peringati Hari Buruh Internasional, ribuan buruh akan melakukan aksi di Patung Kuda Arjuna Monas dan Stadion Madya Senayan, Jakarta Pusat, besok. Aksi tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu, 1 Mei 2024.

Di Jakarta, aksi akan dimulai di Istana Negara mulai pukul 9.30 hingga 12.30 WIB. Sebanyak 50.000 peserta aksi May Day dari Istana Negara akan bergerak ke Stadion Madya Senayan untuk merayakan May Day Fiesta.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, menyatakan bahwa perayaan Hari Buruh Internasional akan dilakukan di ratusan kota industri di seluruh Indonesia. Lebih dari 200.000 orang di berbagai kota, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya, akan ikut serta dalam peringatan May Day.

Said Iqbal juga menyoroti ketidakseimbangan upah buruh dengan kenaikan inflasi daerah. Contohnya, kenaikan upah di beberapa daerah pada tahun 2024 berada di bawah nilai inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Hal ini menyebabkan turunnya daya beli buruh dalam beberapa tahun terakhir.

Ia juga menekankan bahwa masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah kesulitan menikmati pertumbuhan ekonomi karena harga-harga kebutuhan pokok yang terus melonjak. Hal ini menyebabkan buruh tidak bisa menikmati peningkatan daya beli dan pertumbuhan ekonomi yang hanya dinikmati oleh orang kaya.