Dinas Perumahan DKI Siapkan Rusun Nagrak untuk Penduduk Kampung Bayam

by -97 Views

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan Rusun Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara untuk warga eks Kampung Bayam. “Yang pasti gini kalau memang warga membutuhkan adanya hunian kami dari Dinas Perumahan menyiapkan hunian di Nagrak, yang pasti huniannya nyaman, lingkungan aman, airnya oke, listrik oke, dan tarifnya pun terjangkau,” ujar Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris, Kamis (30/5/2024).

Afan memastikan Rusun Nagrak sangat layak untuk ditinggali oleh warga eks Kampung Bayam apabila dibandingkan dengan tempat tinggal mereka sebelumnya yang berupa bangunan semi permanen di pinggir rel kereta rel listrik dekat Jakarta International Stadium (JIS). “Ya enggak terlalu jauh juga, toh juga sekarang di semua rusun kita ada angkutan,” tambah Afan.

Terkait wacana untuk membangun rumah susun khusus bagi warga eks Kampung Bayam, Afan menyebutkan hal tersebut masih dikaji secara komprehensif. “Itu nanti dulu. Sudah pokoknya don’t worry lah ya, pokoknya sudah, sudah cukup ya. Nanti dibahas dalam RKPD 2025 ya,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah memindahkan 19 Kepala Keluarga (KK) warga eks Kampung Bayam yang sebelumnya menempati Rumah Susun (Rusun) Kampung Bayam atau Hunian Pekerja Pendukung Operasional (HPPO) Jakarta International Stadium (JIS) ke Jalan Tongkol.

Hal tersebut disampaikan BUMD Jakpro melalui rilis yang disampaikan Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta pada Rabu 22 Mei 2024. Pihak Jakpro menyebutkan proses penertiban dan pengamanan asset HPPO berlangsung dari Selasa hingga Rabu 21-22 Mei 2024 mulai pukul 09.00-00.30 WIB.

Jakpro memberikan fasilitas transportasi bagi lansia, anak-anak, ibu hamil dan warga yang bermukim di HPPO. Barang-barang warga juga dibantu diinventarisir dan dipindahkan menggunakan truk yang disediakan Jakpro untuk dikirim dan diterima oleh warga di alamat tujuan.