Prabowo Subianto Embraces Timor Leste President Ramos Horta with Warm Moment at IISS Shangri-La Forum

by -81 Views

Jakarta – Saat Konferensi Dialog Shangri-La 2024 yang diselenggarakan oleh Institut Studi Strategis Internasional (IISS) di Singapura, momen yang menarik terjadi ketika Menteri Pertahanan Indonesia dan Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.

Prabowo dan Horta dengan hangat bertembrak tangan dan berbincang saat mereka berjalan bersama menuju meja makan pada hari Jumat (31/5). Prabowo, yang mengenakan jas hitam, terlihat tertawa, bertembrak tangan, dan menepuk bahu Horta. Atmosfer diskusi antara kedua tokoh nasional itu tampak hangat.

Dalam sesi tanya jawab, Prabowo mengungkapkan bagaimana Indonesia, yang pernah bertikai dengan Timor Leste, kini telah menjadi teman baik.

“Bayangkan, sekarang saya duduk bersama Ramos Horta. Dia mengundang saya ke Timor Leste dan saya sedang mempertimbangkan untuk menghadirinya,” ujar Prabowo.

Prabowo melanjutkan, Indonesia memiliki sejarah panjang dengan negara tetangga seperti Timor Leste, Malaysia, dan Singapura. Meskipun konflik pernah terjadi, upaya untuk mengurangi ketegangan terus dilakukan.

“Kita menyelesaikan perbedaan tanpa campur tangan dari pihak eksternal. Kita menyelesaikan perbedaan, kita mengakhiri sengketa dengan Malaysia dan Singapura,” kata Prabowo.

“Sekarang kita seperti saudara. Sekarang kita membicarakan tentang pembangunan, mungkin sebuah jembatan antara Singapura dan Batam, sebuah jembatan antara Malaysia dan Indonesia,” tambahnya.

Source link