Massa Aksi Mendesak Amerika untuk Menghentikan Dukungan kepada Israel demi Palestina

by -71 Views

Ribuan orang melakukan aksi damai Bela Palestina di depan Gedung Kedubes Amerika Serikat (AS), Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2024). Massa mendesak agar AS menghentikan dukungan kepada Israel.

Salah satu massa aksi, Lina mengatakan, aksi yang digelar ribuan massa pada hari ini merupakan bentuk solidaritas terhadap masyarakat Palestina yang hingga kini masih diserang oleh Zionis Israel. Bahkan, masyarakat Palestina sampai didesak ke Rafah, Gaza, Palestina.

“Ini bentuk solidaritas, simpati, dan empati terhadap masyarakat Palestina yang sampai saat ini masih mengalami genosida oleh Israel. Kami meminta juga agar negara-negara yang memberikan dukungan pada Israel segera menghentikannya, seperti AS,” ujarnya saat berbincang di lokasi, Sabtu (8/6/2024).

Menurutnya, dia sangat prihatin atas genosida yang terjadi di Palestina hingga saat ini. Ribuan nyawa melayang akibat serangan Zionis Israel, khususnya anak-anak yang tidak bersalah.

Adapun aksi Bela Palestina itu digelar di depan Gedung Kedubes AS sejak Sabtu (8/6/2024) pagi, yang mana massa aksi berkumpul di kawasan Patung Kuda lalu melakukan longmarch ke depan gedung tersebut. Berbagai aspirasi disuarakan oleh massa aksi, seperti dari mengecam keras agresi Israel terhadap warga Palestina.

Lalu, mendesak agar Israel menghentikan genosida dan serangan terhadap Palestina, mengecam negara-negara yang mendukung agresi Israel tersebut, khususnya Amerika Serikat. Memberikan akses luas pada seluruh aktivis organisasi kelompok kemanusiaan untuk memasuki Gaza dalam misi kemanusiaan.

Massa juga mengajak dan mendesak negara Mesir dan Yordania membuka pintu perbatasan Rafah, memberikan akses bantuan kemanusiaan untuk memasuki Gaza hingga memberikan tempat pengungsian pada masyarakat Palestina.

Lalu, mengajak masyarakat Indonesia untuk terus memberikan dukungan moral, material, dan spiritual pada perjuangan rakyat Palestina. Mendesak pemerintah Indonesia mengirimkan tentara perdamaian ke Palestina dan terus memberikan bantuan pada masyarakat Palestina.