Perjalanan Prabowo Subianto dari Prancis Hingga Rusia untuk Bertemu Para Pemimpin Dunia

by -46 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan RI dan presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Eropa sejak 24-31 Juli 2024.
Dalam perjalanan tersebut, Prabowo bertemu dengan para pemimpin dari empat negara, yaitu Presiden Prancis Emmanuel Macron; Presiden Serbia Aleksandar Vucic; Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan; dan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Kedatangan Prabowo di negara-negara sahabat tersebut selalu disambut dengan hangat dan diantar kembali ke kendaraannya oleh para pemimpin yang dikunjunginya.
Pada kunjungan pertamanya ke Istana Elysee, Rabu (24/7), Prabowo disambut oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan hangat. Mereka membahas isu keamanan global dan rencana peningkatan kerja sama di bidang pertahanan, modernisasi alutsista, industri pertahanan, pendidikan, dan latihan serta forum dialog.
Selain bertemu Macron, Prabowo juga menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024 atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prabowo juga bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino untuk membahas peningkatan sepakbola di Indonesia.
Prabowo juga bertemu dengan Presiden International Olympics Committee, Thomas Bach, untuk membahas peluang Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.
Setelah Prancis, Prabowo terbang ke Serbia dan bertemu dengan Presiden Aleksandar Vucic. Mereka membahas kerja sama politik dan ekonomi antara kedua negara.
Di Turki, Prabowo bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan membahas kerja sama bidang pertahanan, termasuk peningkatan kapasitas angkatan bersenjata dan industri pertahanan.
Di Rusia, Prabowo bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dan membahas kerja sama di bidang pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan, pertahanan, dan energi nuklir. Mereka juga membicarakan rencana pameran pertahanan di Indonesia pada November 2024.

Source link