PT Semen Tonasa – Tour Observasi Keamanan Lingkungan Kerja yang Produktif

by -54 Views

Dalam upaya menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan produktif, manajemen PT Semen Tonasa secara konsisten menggelar Genba & Safety Observation Tour (SOT) di seluruh unit kerja. Kali ini, kegiatan tersebut diadakan di Area Finish Mill Tonasa Unit 4 pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Sebelumnya, kegiatan Genba & SOT telah dilakukan di berbagai area dan akan terus dilaksanakan secara bergantian di setiap unit kerja, baik di pabrik maupun kantor. Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama Semen Tonasa Asruddin, Direktur Operasi Semen Tonasa Mochamad Alfin Zaini, para karyawan Band 1 – Band 2 PT Semen Tonasa, serta fasilitator Total Productive Maintenance (TPM) dan karyawan SGA Officer.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi bahaya di setiap area kerja serta mendorong upaya perbaikan dalam pola produktivitas. Melalui kegiatan ini, PT Semen Tonasa telah berhasil mengidentifikasi berbagai kondisi yang tidak aman dan abnormal.

Direktur Operasi PT Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini, menyampaikan bahwa mereka menemukan berbagai hal dari hasil observasi lapangan. “Hasil observasi tidak hanya negatif tetapi juga positif. Untuk temuan negatif, kita akan berusaha menutupnya agar tidak terulang di masa mendatang. Sedangkan untuk temuan positif, akan kami lanjutkan agar bisa diterapkan di tempat lain dengan lebih baik,” jelasnya.

Alfin berharap agar pembenahan dapat dilakukan di area kerja berdasarkan temuan abnormalitas tersebut, sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan produktivitas perusahaan secara keseluruhan.