Paus Fransiskus Berturut-turut di Kendaraan Maung yang Tangguh milik Prabowo Subianto untuk Menyapa Umat Beriman

by -22 Views

Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik dan kepala Vatikan, mengunjungi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta pada Kamis, 5 Agustus, menggunakan kendaraan nasional Indonesia, Maung MV3, yang didesain oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan diproduksi oleh PT Pindad. Paus menggunakan Maung yang dimodifikasi untuk menyapa sekitar 87.000 hadirin yang hadir untuk Misa besar di GBK.

Paus Fransiskus disambut hangat oleh Presiden Joko Widodo saat kedatangannya di GBK, dengan keduanya saling bertukar salam dan jabat tangan. Sebentar setelah itu, Paus beralih ke Maung MV3 putih yang dimodifikasi khusus, yang didesain atas arahan Prabowo.

Beberapa modifikasi dilakukan pada Maung untuk memenuhi kebutuhan Paus. Tempat duduk didesain ergonomis dan dapat berputar, memungkinkan Paus Fransiskus menyapa orang-orang di sebelah kanan, kiri, dan belakangnya. Dasar kursi juga dilapisi karpet merah sebagai tanda penghormatan untuk Paus.

Saat Maung yang mengangkut Paus Fransiskus menuju Stadion GBK Madya, suara 87.000 hadirin yang bersorak “Viva il Papa” menggema di udara.

“Viva il Papa, Viva il Papa Francisco” diserukan ribuan umat Katolik, menyambut Paus Fransiskus ke Stadion GBK.

“Viva il Papa” adalah frase Katolik tradisional yang digunakan ketika berbicara kepada Paus, artinya “Long live the Pope” dalam bahasa Inggris atau “Panjang Umur untuk Paus Fransiskus” dalam bahasa Indonesia.

Selama prosesi, Paus Fransiskus memanfaatkan kesempatan untuk menyapa dan memberkati beberapa umat dari dalam Maung.

Terkait Maung MV3 yang digunakan untuk kunjungan Paus, CEO PT Pindad, Abraham Mose, menjelaskan bahwa beberapa modifikasi dilakukan sesuai dengan acara tersebut, termasuk tangga lipat untuk akses mudah, kursi utama di bagian belakang, sunroof untuk kabin pengemudi, langkah belakang untuk pengawal Paus, pelindung atap untuk hujan, dan kursi belakang lipat untuk asisten Paus.

Spesifikasi mesin tetap sama, dengan Maung MV3 ditenagai oleh mesin turbo diesel 2.200 cc yang mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dengan aman dan menghasilkan output maksimum 199 daya kuda.

Source link