Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 Memiliki UMKM Binaan Pertamina yang Menarik Bagi Wisatawan

by -85 Views
Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 Memiliki UMKM Binaan Pertamina yang Menarik Bagi Wisatawan

Online24jam, Lombok, – Serangkaian acara Pertamina Grand Prix of Indonesia telah dimulai sejak hari Jumat (27/9), di mana Pertamina Patra Niaga bersama Rumah BUMN Pertamina Lombok Timur mendukung 60 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya untuk memamerkan produk-produk mereka. Acara ini berlangsung dari 27 hingga 29 September 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, menampilkan kekayaan budaya dan kreativitas lokal yang menarik bagi wisatawan.

Sebanyak 60 UMKM yang turut berpartisipasi dalam kegiatan Energizing You Festival tersebut menawarkan berbagai produk, mulai dari kuliner khas Lombok hingga kerajinan tangan seperti tas, pakaian, dan aksesori yang menjadi suvenir menarik bagi pengunjung.

“Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui partisipasi UMKM dalam acara internasional seperti ini. Dukungan ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan UMKM, khususnya di Lombok,” jelas Heppy Wulansari, Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga.

Heppy juga menjelaskan bahwa semua UMKM yang menjual makanan telah menggunakan Bright Gas untuk memberikan kualitas masakan terbaik selama acara Pertamina Grand Prix of Indonesia. Selain itu, penggunaan aplikasi MyPertamina memudahkan transaksi dan meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pengunjung. “Dengan MyPertamina, UMKM dapat mengelola penjualan secara efisien, dan pembeli juga mendapatkan harga spesial untuk setiap transaksi,” tambahnya.

Berbagai pengunjung, termasuk dari luar negeri, sangat antusias melihat UMKM binaan Pertamina ini. Salah satunya adalah Susie Gait dari Inggris, yang membeli songket khas Lombok dan menyatakan ketertarikannya terhadap produk-produk Indonesia.

“Menurut saya, ini adalah ide yang sangat luar biasa untuk memiliki banyak booth yang menjual kerajinan dan makanan lokal, karena kami tidak melakukannya di British Grand Prix. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan produk lokal kepada dunia,” ujar Susie.

Salah satu pelaku UMKM binaan Pertamina Patra Niaga, Indah Lestari yang merupakan pemilik usaha Songket Bunga Rinjani mengaku sangat terbantu sejak menjadi mitra binaan Pertamina. Ia menyatakan, banyak manfaat yang diperolehnya untuk pengembangan usahanya.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina atas dukungannya, apalagi kali ini saya diajak untuk berjualan di acara internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia. Selain meningkatkan merek saya, pendapatan selama acara ini juga jauh meningkat,” ungkap Indah.

Partisipasi UMKM binaan Pertamina tidak hanya memperkuat ekonomi lokal, tetapi juga menjadikan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 sebagai platform untuk memperkenalkan budaya dan inovasi Indonesia kepada dunia.