Pasangan Calon RIDO Menyiapkan Program Gerbang Betawi untuk Melestarikan Budaya Warga Jakarta

by -65 Views
Pasangan Calon RIDO Menyiapkan Program Gerbang Betawi untuk Melestarikan Budaya Warga Jakarta

Cagub Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil menyatakan memiliki Program Gerbang Betawi untuk melestarikan budaya Betawi. Dalam masa kampanye ini, Kang Emil mengungkapkan Program Gerbang Betawi (Gerakan Membangun Betawi). Hal tersebut diungkapkan setelah bertemu dengan tokoh Betawi Zainuddin alias Haji Oding. Dalam pertemuan tersebut, Kang Emil diingatkan akan pentingnya menjaga budaya.

“Nasihat beliau adalah budaya itu seperti akar, budaya kuat, bangsa kuat. Budaya lemah bangsa juga lemah. Maka, kita punya program gerbang Betawi, saya sudah sampaikan, gerakan membangun budaya Betawi,” ujar Kang Emil, Selasa (1/10/2024).

Kang Emil menjelaskan bahwa program ini akan dijadikan Peraturan Daerah (Perda) yang akan mengatur kurikulum hingga pelestarian bangunan khas Betawi. “Setelah itu, menjadi dasar pembangunan budaya Betawi mulai dari kurikulum berbasis budaya untuk pendidikan karakter, pelestarian situs-situs hingga arsitektur Betawi. Ini menunjukkan bahwa kita mungkin menjadi kota global, tetapi kearifan lokal harus tetap menjadi yang paling vokal,” tambahnya.