Warga Berharap Kesejahteraan Guru PAUD Jakarta Ditingkatkan dengan Bertemu Cawagub Suswono

by -1 Views
Warga Berharap Kesejahteraan Guru PAUD Jakarta Ditingkatkan dengan Bertemu Cawagub Suswono

Armi, seorang warga RT 004 RW 005, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, menyampaikan aspirasi mengenai kesejahteraan guru PAUD kepada Cawagub Suswono, pada hari Senin (21/10/2024). FOTO/SINDOnews/ACHMAD AL FIQRI

JAKARTA – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Harapan tersebut disampaikan oleh Armi, warga RT 004 RW 005, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Ia menilai bahwa gaji guru PAUD masih terbilang minim.

“Izin pak, saya ingin mengusulkan hal mengenai PAUD. Selama ini guru PAUD dari pemerintah hanya mendapatkan sedikit, terutama dalam hal honorarium untuk transportasi guru sangat minim,” ujar seorang wanita yang juga seorang guru PAUD itu saat bertemu dengan Suswono di wilayah Ceger, Jakarta Timur, pada hari Senin (21/10/2024).

Menurutnya, kesejahteraan yang diterima oleh para guru PAUD tidak sebanding dengan beban kerja yang mereka pikul. Sebagai seorang guru PAUD, ia merasakan bahwa mendidik anak-anak tersebut merupakan suatu perjuangan, terutama jika dimulai dari nol. Namun, kesejahteraan guru PAUD belum terlalu diperhatikan sama sekali.

Merespons hal tersebut, Suswono menyatakan tekadnya untuk memperjuangkan kesejahteraan para guru PAUD. Ia mengakui sering mendapat aspirasi mengenai kesejahteraan guru PAUD. “Memang kasihan, benar. Saya juga mendengar banyak informasi. Insya Allah, kami akan memperbaiki kondisi PAUD,” kata Suswono.

Namun, ia juga menyatakan bahwa PAUD masih belum menjadi lembaga pendidikan yang wajib bagi anak-anak. Meskipun begitu, Suswono menyadari bahwa peran PAUD sangat penting dalam mendidik anak-anak kecil.

“Karena pendidikan PAUD atau TK masih belum menjadi kewajiban, yang wajib baru mulai dari SD. Namun, insya Allah, terutama jika pendidikan dimulai sejak dini, hasilnya akan lebih baik,” ujar Suswono.

“Alhamdulillah, sekarang ada kementerian yang bertanggung jawab atas keluarga. Semoga suatu hari nanti PAUD juga akan termasuk dalam tanggung jawab tersebut,” tambahnya. (abd)