Pengurus Masjid Istiqlal Siapkan Sejumlah Titik Parkir untuk Antisipasi Lonjakan Jemaah Salat Id

by -74 Views

Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Jakarta telah menyiapkan sejumlah tempat parkir untuk mengantisipasi lonjakan jemaah Salat Idulfitri 1445 Hijriah/2024, yang akan dilaksanakan pada Rabu (10/4/2024). Lapangan Silang Monas hingga Gereja Katedral dipersiapkan sebagai tempat parkir untuk jemaah.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan area khusus parkir VVIP di dekat Pintu Al Malik. Selain itu, komunikasi juga dilakukan dengan pihak pengelola Gereja Katedral untuk meminjam lahan parkir.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kami sudah menyiapkan area khusus untuk parkir VVIP dan tamu-tamu dari Kementerian Agama akan diparkir di tempat khusus. Kami juga sudah berkomunikasi dengan Gereja Katedral untuk penggunaan lahan parkirnya,” ujar Nasaruddin saat jumpa pers di Masjid Istiqlal.

Tempat parkir di sekitar Masjid Istiqlal, seperti kantor Pertamina dan lainnya, juga akan disiapkan. “Kami telah mengantisipasi dengan menyiapkan bus di sekitar Monas untuk sistem antar jemput. Dengan patuhi peraturan yang ditetapkan pihak kepolisian, kami berharap segalanya akan berjalan lancar,” jelasnya.

Nasaruddin juga mengimbau para jemaah agar datang lebih awal sejak Salat Subuh untuk menghindari penumpukan di waktu bersamaan dan lebih mudah mencari tempat parkir.

“Sebaiknya jemaah datang secara bergiliran dan lebih awal, misalnya mulai dari jam 6 pagi, untuk menghindari kerumunan.”

Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, menteri Kabinet Indonesia Maju, Duta Besar Negara Sahabat, dan mantan pejabat tinggi negara dijadwalkan akan melaksanakan Salat Id di Masjid Istiqlal.