Prabowo Subianto Announces Government Focus on Food, Energy, and Downstreaming at the Qatar Economic Forum

by -65 Views

Doha, Qatar — Prabowo Subianto, Presiden terpilih untuk periode 2024-2029, menekankan pentingnya membangun fondasi yang kuat untuk kemajuan nasional selama Forum Ekonomi Qatar yang diadakan dari 14 hingga 16 Mei 2024, di Doha, Qatar.

Dalam dialognya dengan Haslinda Amin, Koresponden Internasional Asia Tenggara untuk Bloomberg, Prabowo menegaskan bahwa membangun negara adalah proses yang berkelanjutan.

Dia juga menekankan bahwa Presiden Joko Widodo dari Indonesia telah menempatkan fondasi yang kuat untuk kemajuan masa depan.

“Seperti yang Anda ketahui, pembangunan negara adalah proses jangka panjang. Presiden Joko Widodo telah membangun fondasi yang kuat. Saya bertekad untuk membangun di atas fondasi itu. Fokus utama saya adalah keamanan pangan,” kata Prabowo.

Lebih lanjut, ketika ditanya tentang prioritasnya, Prabowo menekankan pentingnya swasembada dan keamanan pangan dan energi.

“Fokus utama saya adalah keamanan pangan. Indonesia harus mencapai swasembada pangan, kemudian ketahanan energi, kecukupan energi. Kami bertekad untuk memberantas kemiskinan, dengan kampanye besar, upaya besar,” lanjutnya.

Melanjutkan dialognya, Prabowo dengan tegas menyatakan tekadnya untuk mengatasi masalah gizi anak-anak Indonesia dengan program makan siang gratis.

“Saya bertekad untuk menghapus kelaparan di antara rakyat kami. Kami telah mempelajarinya. Kami telah melihat semua angka tersebut, dan kami sangat yakin bahwa kami dapat melakukannya,” katanya.

Terkait pendanaan untuk program ini, Prabowo menyebutkan bahwa Indonesia memiliki tradisi manajemen fiskal yang hati-hati dan bahwa di bawah kepemimpinannya, Prabowo akan lebih efisien dan berani, dengan tata kelola yang baik.

Pada kesempatan ini, Prabowo juga berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan penurunan hilir industri.

“Kita perlu melindungi kepentingan kita dengan cara bahwa kita perlu mendapatkan nilai tambah. Kita tidak bisa terus impor barang industri. Itu tidak baik untuk rakyat kita. Kita tidak akan menjadi masyarakat industri maju jika kita hanya tetap sebagai produsen bahan baku,” ucap Prabowo.

Itulah mengapa Prabowo menegaskan bahwa rencana kerjanya merupakan langkah konkret menuju kemakmuran yang berkelanjutan bagi Indonesia. Dia juga menekankan pentingnya kerjasama dengan pihak internasional.

Selama acara ini, Prabowo ditemani oleh Wakil Presiden terpilih untuk 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka.

Source link