Kecap Blitar: Merayu Dunia dengan Keindahannya

by -112 Views

Kecap Blitar memiliki sejarah yang panjang dan dikenal sebagai Kecap Nomor Satu di Dunia. Usaha kecap Maja Menjangan diwariskan ke generasi kedua. Saad, pendirinya, berjualan kecap dari pasar ke pasar di Majalengka dan sekitarnya.

Saat Presiden Sukarno mengundang wartawan di Jakarta ke Istana, beliau meminta kecap yang merupakan pelengkap nasi goreng dan telur. Sebotol kecap dari Blitar pun menjadi primadona. Bung Karno memastikan bahwa kecap dari Blitar ini yang terbaik, sebagaimana diakui oleh putrinya, Megawati.

Kecap sudah sangat akrab dengan lidah orang Indonesia. Setiap daerah, setiap pabrik, punya resep sendiri bagaimana membuat kecap. Kecap di Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri, seperti Kecap Blitar dan Kecap Nomor Satu di Dunia. Masing-masing punya penggemar yang setia dan selera lidah tersendiri.

Di Malaysia, kecap yang diproduksi juga memiliki penggemar, namun kecap manis Indonesia tetap menjadi favorit. Kecap Blitar dan merek-merek lainnya tetap menjadi primadona bagi pecinta kecap. Sejarah dan keunikan kecap Indonesia yang tidak bisa ditiru begitu saja oleh negara lain, menjadikan Kecap Nomor Satu di Dunia tetap eksis di pasar internasional.

Sumber: Bung Karno dan kecap nomor satu di dunia
Sumber: Kecap nomor satu di dunia