Tokoh Masyarakat Sebut Dadang Solihat Pantas Memimpin Kabupaten Pangandaran

by -43 Views

Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 mulai memanas. Sejumlah masyarakat memberikan tanggapan terhadap kelayakan para Calon Bupati ataupun Wakil Bupati.

Aktivis Pro Demokrasi Agustiana menilai banyak figur atau kandidat yang layak maju di Pilkada Kabupaten Pangandaran 2024. Figur-figur tersebut diyakini memiliki kapasitas untuk membawa Pangandaran menjadi lebih baik.

Sekjen Serikat Petani Pasundan (SPP) menyebut ada beberapa nama yang mempunyai kapasitas untuk menjadi bupati Pangandaran. Nama-nama tersebut yakni Dadang Solihat, Asep Nurdin, dan Ujang Ending. Ketiganya memiliki pengalaman dan wawasan yang luas mengenai Kabupaten Pangandaran.

“Ketiga kandidat ini diyakini memiliki kemampuan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan klasik yang ada di Kabupaten Pangandaran,” ujarnya.

Agustiana menjelaskan, banyak persoalan yang harus segera diatasi di Kabupaten Pangandaran. Bahkan, persoalan tersebut memiliki potensi menjadi kunci kemajuan Pangandaran jika ditangani dengan baik.

Menurut Agustiana, para kandidat yang akan maju di Pilkada Pangandaran harus memiliki visi untuk memajukan Pangandaran dalam berbagai sektor. Pasca pemekaran dari Ciamis, rakyat tentu memiliki harapan lebih agar Kabupaten Pangandaran dapat maju dan berkembang.

Agustiana merangkum beberapa pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh bupati yang akan datang di Kabupaten Pangandaran. Mulai dari persoalan tanah, petani, nelayan, dan pariwisata. Semuanya akan berperan besar dalam kemajuan Pangandaran.

“Ekonomi nelayan, petani, dan masyarakat lainnya belum jelas kemajuannya, meskipun ada infrastruktur yang dibangun tetapi belum begitu berdampak pada perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Lanjut Agustiana, perkembangan pariwisata di Pangandaran belum signifikan. Setiap tahun masih stagnan dan belum terjadi lonjakan pengunjung, khususnya wisatawan mancanegara. Padahal, ketika masih menjadi bagian dari Ciamis, pariwisata Pangandaran merupakan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar dan banyak wisatawan mancanegara.

“Pariwisata Pangandaran harus menjadi perhatian serius dalam pengembangannya. Sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pangandaran,” katanya.

Agustiana berharap agar siapapun yang terpilih dalam Pilkada Pangandaran mampu memenuhi ekspektasi masyarakat terhadap Pangandaran. “Calon bupati atau bupati yang akan datang harus menyelesaikan persoalan ini. Jika tidak ditangani dengan baik, bisa menghambat kemajuan Pangandaran,” ucapnya.

“Bupati yang tidak fokus pada hal tersebut akan semakin memperparah kondisi. Rakyatlah yang akan menjadi korban,” pungkasnya.

Source link