Jumlah Pemilik Kaya yang Pindah ke Sini Meningkat, Rumah dengan Harga Rp 317 Miliar Terjual

by -125 Views

Beberapa orang super kaya dunia dikabarkan telah beralih fokus untuk memiliki properti di Florida Selatan, Amerika Serikat (AS). Dampaknya adalah peningkatan harga properti di wilayah tersebut. Menurut data dari dua konsultan properti yaitu Douglas Elliman dan Miller Samuel, yang dikutip oleh CNBC International pada Jumat (20/10/2023), harga rata-rata penjualan rumah di Palm Beach mencapai US$ 20 juta (sekitar Rp 317 miliar) pada kuartal ketiga tahun 2023.

Harga rata-rata per kaki persegi rumah yang dijual di Palm Beach juga mencapai US$ 4,554, yang merupakan 2,5 kali lebih mahal daripada Manhattan, New York. Chris Leavitt, seorang broker terkemuka Palm Beach di Douglas Elliman mengatakan bahwa harganya sangat luar biasa. Persediaan properti sangat terbatas, terutama bagi kelompok dengan kekayaan bersih yang sangat tinggi, di mana semua pelanggan mereka mencari properti tepi danau atau pantai yang menakjubkan. Leavitt juga menambahkan bahwa rendahnya persediaan akan terus memberikan tekanan pada harga, sehingga properti di wilayah primadona tersebut menjadi mahal bahkan bagi para multijutawan.

Pertumbuhan rumah mewah di Florida Selatan didorong oleh perpindahan jutawan dan miliarder dari negara-negara bagian dengan pajak tinggi seperti New York, New Jersey, dan California. Pembeli yang sangat kaya biasanya membayar tunai untuk real estate mereka, sehingga mereka tidak terlalu terpengaruh oleh melonjaknya suku bunga hipotek.

Menurut CEO Miller Samuel, Jonathan Miller, pada kuartal ketiga jumlah rumah yang tersedia di Palm Beach hanya ada 53, turun 61% dari tingkat sebelum pandemi. Dampak dari kekurangan rumah yang terdaftar ini telah mengurangi jumlah penjualan, yang mengalami penurunan sebanyak 31% selama setahun terakhir.

Selain Palm Beach, harga properti di Miami Beach juga mengalami kenaikan hingga 62%. Menurut Douglas Elliman dan Miller Samuel, harga rata-rata real estate mewah di Miami Beach mencapai rekor US$ 25 juta (sekitar Rp 396 miliar).

Beberapa miliarder terkenal juga diketahui telah menginvestasikan kekayaan mereka dalam bentuk properti di wilayah tersebut. Contohnya adalah Eric Schmidt, pendiri Google, dan istrinya yang membeli lebih dari setengah lusin rumah di Sunset Islands dengan total pengeluaran mencapai US$ 140 juta (sekitar Rp 2,2 triliun). Selain itu, taipan hedge-fund Ken Griffin juga terus memperluas jejaknya di Star Island dengan membeli kembali properti senilai US$ 45,5 juta (sekitar Rp 721 miliar). Jeff Bezos, pendiri Amazon, juga bergabung dalam klub pantai miliarder dengan menginvestasikan US$ 150 juta (sekitar Rp 2,3 triliun) untuk dua properti yang bersebelahan di Indian Creek Village.

Meskipun tren suku bunga hipotek dan kondisi perekonomian saat ini tidak memengaruhi pasar perumahan mewah dan kelas atas di Palm Beach dan Miami Beach, namun permintaan yang tinggi dari para miliarder terus meningkatkan harga properti di wilayah tersebut.