Program BRInita Membantu Masyarakat Menanam di Tanah Terbatas

by -96 Views

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Ikatan Wanita Bank Rakyat Indonesia (IWABRI) melalui program BRI Peduli Bertani di Kota (BRInita) memberikan bantuan kepada petani yang tergabung dalam kelompok Dasawisma Pelangi Baru, di Kelurahan Kuripan, Kota Banjarmasin. Bantuan tersebut berupa fasilitas, infrastruktur, bibit, dan pelatihan urban farming atau hidroponik.

Ketua kelompok Dasawisma Pelangi Baru, Mutiara, mengatakan bahwa BRI Peduli membantu masyarakat dalam mengoptimalkan lahan yang ada sehingga dapat memberikan manfaat baik secara sosial, ekonomi, maupun pelestarian lingkungan. Menurutnya, berkat bantuan dari BRI dan IWABRI wilayah Banjarmasin, kampungnya menjadi lebih baik, bersih, dan asri.

Mutiara menegaskan bahwa manfaat yang dihasilkan dari program ini tidak hanya membuat lahan kota menjadi lebih hijau, tetapi juga menghasilkan panen yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sekitar. Dia juga menyampaikan bahwa hasil dari sayuran hidroponik ini memberikan keuntungan, di mana hasil penjualan sayuran digunakan untuk membeli bibit, nutrisi, dan pemeliharaan tanaman.

Salah seorang warga, Diah, mengaku bahwa sekarang masyarakat telah merasakan manfaat dari kesuksesan urban farming. Dia menyampaikan terima kasih atas bantuan ekosistem urban farming ini, karena sayuran yang dihasilkan bermanfaat untuk konsumsi rumah tangga. Fasilitas gazebo yang dibuat juga dapat digunakan sebagai tempat kegiatan belajar anak dan tempat bermain bersama.

Kesuksesan Dasawisma Pelangi Baru dalam mengembangkan urban farming mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Banjarmasin, Hj. Siti Wasilah. Dia berharap apa yang dilakukan oleh kelompok ini dapat menginspirasi masyarakat di tempat lain.

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, mengungkapkan bahwa BRI terus mewujudkan komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan program BRInita. Program ini merupakan komitmen BRI untuk pelestarian lingkungan di tengah kota yang memanfaatkan lahan sempit di wilayah padat pemukiman. BRI berharap bantuan ini dapat terus berjalan kontinyu dan menjadi wadah positif bagi masyarakat.