PLN dan BUMN Sukses Menyelenggarakan Transaksi Bazar UMKM dengan Capaian Pendapatan Rp 2,3 Miliar

by -108 Views

Bazar UMKM untuk Indonesia edisi September mencetak rekor transaksi terbesar sebesar Rp 2,3 miliar. Jumlah transaksi mencapai 1.387 kali. Bazar ini diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan PT PLN (Persero) dan Perum Peruri. Bazar ini meraih antusiasme masyarakat dan memberikan keuntungan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terlibat. Kategori Makanan & Minuman memiliki jumlah transaksi tertinggi dengan 783 transaksi, sementara Kategori Kecantikan dan Kebugaran memiliki nilai transaksi tertinggi, mencapai lebih dari Rp 624 juta.

Selain mencetak rekor transaksi terbesar, Bazar ini juga memecahkan rekor jumlah peserta terbanyak sepanjang Bazar bulanan ini berlangsung. Sebanyak 270 UMKM ikut serta, dengan rincian 48 UMKM di bidang fesyen, 15 UMKM di bidang kecantikan dan kebugaran, 41 UMKM di bidang kriya, 91 UMKM di bidang kuliner, dan 75 UMKM di bidang barang dan jasa. Dari total UMKM yang ikut serta, 161 UMKM hadir secara langsung di pusat perbelanjaan Sarinah, sedangkan 109 UMKM lainnya menggunakan platform PaDi UMKM yang dapat diunduh melalui Appstore maupun Playstore.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, merasa bersyukur atas antusiasme masyarakat dalam pembelian produk baik secara langsung maupun melalui aplikasi PaDi UMKM. Menurut Darmawan, antusiasme ini menunjukkan bahwa Bazar UMKM untuk Indonesia menjadi wadah yang membantu UMKM Indonesia bertemu dengan masyarakat sebagai pembeli. Darmawan juga mengatakan bahwa ini tidak terlepas dari transformasi pengelolaan UMKM yang dilakukan PLN. PLN telah membentuk struktur pengelolaan dan pembinaan UMKM yang terintegrasi, mulai dari seleksi, kurasi, pelatihan, bantuan alat produksi, hingga pemasaran melalui Rumah BUMN. Sebanyak 140 UMKM merupakan mitra binaan PLN dan PLN memberikan pendampingan kepada mereka agar produk UMKM semakin bagus dan diminati oleh pasar.

Penyelenggaraan Bazar UMKM untuk Indonesia ini juga merupakan komitmen PLN dalam memberikan dukungan kepada masyarakat dan pelaku UMKM lokal agar dapat mandiri secara ekonomi. Bazar ini mendorong belanja produk UMKM lokal dan memacu pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. PLN akan terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan produktivitas dan memperluas pasar.

Selain menampilkan produk lokal, acara bazar ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti talkshow, presentasi produk UMKM, workshop, games, stand up comedy, dan hiburan musik.