Penghargaan Indonesia Museum Awards 2023 Diberikan kepada Mooryati Soedibyo dan Sutiyoso

by -117 Views

Komunitas Jelajah mengadakan Indonesia Museum Awards (IMA) 2023. Tujuannya adalah untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada museum dan tokoh-tokoh di bidang museum di Indonesia. Acara ini diselenggarakan di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat pada Sabtu (18/11/2023) dengan tema “Museum Next” yang bertujuan agar museum ke depan dapat berinteraksi secara lebih langsung dengan masyarakat.

Ketua Panitia IMA 2023, Musiana Yudhawasti, menjelaskan bahwa acara ini merupakan edisi ke-12 dan harapannya adalah untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap museum di Indonesia.

Penghargaan diberikan dalam 11 kategori, di mana tiga kategori diberikan kepada perorangan dan delapan lainnya diberikan kepada museum di Indonesia. Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama meraih penghargaan dalam kategori Museum Cerdas, Museum Kebaharian Jakarta meraih penghargaan dalam kategori Museum Bersahabat, dan Museum Adityawarman meraih penghargaan dalam kategori Museum Lestari.

Sedangkan untuk kategori perorangan, penghargaan Tokoh Peduli Museum diberikan kepada Mooryati Soedibyo, Penghargaan Pengabdian Sepanjang Hayat diberikan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Letjen Purn Sutiyoso, dan Anugerah Amir Sutaarga diberikan kepada Aries Zulkarnaen.

Selengkapnya, berikut daftar penerima penghargaan Indonesia Museum Awards 2023:
1. Museum Cerdas: Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama
2. Museum Bersahabat: Museum Kebaharian Jakarta
3. Museum Lestari: Museum Adityawarman
4. Museum Inovatif: Museum & Galeri Satwa Liar Dunia Medan (Museum Rahmat)
5. Museum Kreatif: Museum Monumen Yogya Kembali
6. Museum Inspiratif: Museum Taruna Abdul Djalil Magelang
7. Museum Komunikatif: Museum Rumah Atsiri
8. Museum Unik: Museum Panji Malang

Tokoh Peduli Museum:
B.R.A. Mooryati Soedibyo

Pengabdian Sepanjang Hayat:
Letjen Purn Sutiyoso

Anugerah Amir Sutaarga:
Aries Zulkarnaen