Kabupaten Bekasi Meraih Penghargaan Kategori Pemerintah Kabupaten Menuju Informatif dari Komisi Informasi Jabar

by -87 Views

Pemkab Bekasi mendapat penghargaan dari Komisi Informasi Jawa Barat sebagai Kabupaten Menuju Informatif. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemkab Bekasi telah menjalankan penilaian monitoring kepatuhan dan ketaatan terhadap keterbukaan informasi publik dengan maksimal. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Komisioner Komisi Informasi Jawa Barat, Husni Farhani Mubarak kepada Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan di IKP Fest 2023, Hotel Holiday Inn Jababeka, pada Rabu (29/11/2023).

Setelah menerima penghargaan, Dani Ramdan menyatakan bahwa Kabupaten Bekasi bertekad meningkatkan kembali level yang telah dicapai saat ini. Kabupaten Bekasi dinobatkan sebagai Menuju Kabupaten Informatif. Dani menyatakan targetnya adalah membuat Kabupaten Bekasi menjadi kabupaten yang benar-benar informatif, menjalankan kaidah-kaidah keterbukaan informasi publik sesuai undang-undang.

Keterbukaan informasi publik adalah sebuah kewajiban pemerintah untuk memberikan akses yang cukup dan mudah bagi masyarakat. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat turut serta dalam pengambilan kebijakan dan pengambilan keputusan yang tepat. Keterbukaan informasi publik juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Husni Farhani Mubarak, Komisioner Komisi Informasi Jawa Barat, menyampaikan bahwa pada tahun 2022, Pemkab Bekasi mendapatkan predikat sebagai Pemerintah Kabupaten Kurang Informatif. Namun, pada tahun ini, Pemkab Bekasi mengalami kenaikan nilai yang signifikan sehingga secara resmi naik satu level sebagai Pemerintah Kabupaten Menuju Informatif.

Penilaian ini adalah agenda rutin yang dilakukan Komisi Informasi Jawa Barat terhadap pemerintah kabupaten/kota dan badan publik di seluruh Provinsi Jawa Barat.