Perlunya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penanggulangan kebakaran

by -93 Views

Caleg DPR Dapil DKI Jakarta I dari Partai Perindo, Sandra Charlotha Leluly, menjadi narasumber dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Selasa (5/12/2023). Dia mengungkapkan bahwa masyarakat perlu diberi edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Dia juga menekankan pentingnya pengetahuan dalam menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk meminimalisir perambatan api saat terjadi kebakaran.

Sandra menyatakan bahwa APAR sebenarnya sudah tersedia di berbagai tempat, termasuk di mobil. Namun, sosialisasi tentang cara menanggulangi kebakaran perlu digiatkan lagi. Dia juga menyoroti faktor-faktor penyebab kebakaran, seperti keteledoran manusia, pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai, dan faktor musim kemarau.

Hendi Chandra, caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 5 Jakarta dari Partai Perindo, menambahkan bahwa faktor musim kemarau dan permukiman padat penduduk juga mempercepat perambatan api saat terjadi kebakaran. Oleh karena itu, Partai Perindo telah membagikan APAR ke sejumlah wilayah Jakarta sebagai aksi nyata untuk membantu masyarakat mencegah kebakaran.

Data Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta menyebutkan bahwa sejak Januari-September 2023, telah terjadi sekitar 1.000 kebakaran di wilayah Jakarta, dimana 90% di antaranya disebabkan oleh arus pendek listrik. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah membentuk Satgas Kelurahan untuk mengoptimalkan pencegahan kebakaran di wilayah Jakarta.