Kantor Imigrasi Jakarta Pusat Membuka Pelayanan di Hari Minggu untuk Peringati Hari HAM

by -96 Views

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat tetap buka layanan pembuatan paspor pada hari Minggu (10/12/2023) dalam rangka memperingati Hari HAM ke-75. Layanan ini diberikan di Lapangan Banteng dan diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bekerja sama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Masyarakat dapat mendaftar untuk layanan pembuatan paspor melalui aplikasi M-Paspor dengan 30 kuota yang disediakan oleh Kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Wahyu Hidayat, menyatakan bahwa prosedur pembuatan paspor meliputi pengambilan nomor antrean, verifikasi berkas persyaratan, pengambilan data biometrik, dan pembayaran bisa dilakukan di bank offline atau online banking, kantor pos, Indomaret, dan marketplace.

Pada November 2023, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat berhasil mendapatkan penghargaan Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) karena telah memberikan layanan publik berbasis hak asasi manusia dengan kemudahan aksesibilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan.

Sementara itu, 30 kuota layanan paspor yang disediakan langsung ludes diserbu pemohon, termasuk Rizky yang mengapresiasi adanya layanan paspor di hari Minggu tanpa harus izin atau cuti dari kantor.