Menelusuri Sungai Cisadane: Lokasi Uji Coba Kapal Neon Moon II Coldplay

by -100 Views

Sungai Cisadane dipilih sebagai lokasi uji coba kapal pembersih sampah bernama Neon Moon II. Kapal tersebut merupakan bantuan dari Coldplay bersama The Ocean Cleanup.

Coldplay sudah lama aktif dalam kegiatan perlindungan lingkungan, termasuk memberikan bantuan kapal pembersih sampah. Pemberian kapal Neon Moon II sudah dilakukan sejak pertengahan November 2023. Kapal ini diterima oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membersihkan Sungai Cisadane.

Neon Moon II merupakan generasi ketiga dari kapal Neon Moon dengan harga lebih dari USD700 ribu atau sekitar Rp12 miliar. Diharapkan dengan adanya kapal ini, Sungai Cisadane bisa kembali bersih dan bebas dari sampah.

Sungai Cisadane merupakan salah satu sungai utama di Provinsi Banten dan Jawa Barat yang melintasi 44 kecamatan di 5 kabupaten/kota. Sungai ini masih sangat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air bagi industri, irigasi, dan air minum di wilayah sekitar.

Dalam sejarahnya, Sungai Cisadane dimanfaatkan oleh pedagang Tionghoa untuk berlayar masuk ke pedalaman wilayah Tangerang pada abad ke-16. Sungai ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat, termasuk pemanfaatan air bersih dan kegiatan pariwisata. Sungai Cisadane juga digunakan untuk festival lokal di Tangerang yang diselenggarakan sejak tahun 1995 yaitu Festival Cisadane.