Holding RS BUMN Mencetak Rekor Dunia dalam Deteksi Dini Kanker Serviks dengan 2.023 Peserta

by -88 Views

PT Pertamina Bina Medika – Indonesia Healthcare Corporation (IHC) / Holding Rumah Sakit (RS) BUMN telah mengadakan kegiatan deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan HPV DNA berbasis urine dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional. Kegiatan ini dilakukan serentak di 18 RS IHC Group seluruh Indonesia dan berhasil menjangkau 2.023 peserta wanita, memecahkan rekor dunia Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Direktur Utama IHC drg Mira Dyah Wahyuni menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi untuk para ibu atas pengabdian mereka dalam membangun ketahanan keluarga. Kanker serviks menduduki peringkat kedua dengan prevalensi tertinggi pada wanita di Indonesia, sehingga upaya preventif secara berkelanjutan sangat diperlukan.

Direktur Medis IHC dr Lia menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi biaya pengobatan kanker serviks, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin. Selain itu, juga diadakan kegiatan health talk serentak di 37 rumah sakit IHC Group dengan topik “Peduli Infeksi HPV dan Kanker Serviks” yang dihadiri lebih dari 5.000 peserta seluruh Indonesia.

VP CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman menyatakan bahwa keberhasilan kegiatan ini hingga meraih rekor dunia MURI merupakan dukungan nyata Pertamina bagi peningkatan kesehatan di Indonesia, serta kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada poin 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera serta poin 4 Pendidikan Berkualitas.