Pemuda Perindo Siap Membuat Jakarta Menjadi Kota Damai Menurut Pendapat Aktivis

by -79 Views

Wakil Ketua Umum I DPP Pemuda Perindo yang juga calon anggota DPRD DKI Jakarta, Manik Marganamahendra. Foto: MPI/Giffar Rivana

JAKARTA – Wakil Ketua Umum I DPP Pemuda Perindo yang juga calon anggota DPRD DKI Jakarta, Manik Marganamahendra, mengungkapkan keinginannya untuk fokus dalam memberantas pelanggaran HAM dengan berpegang teguh pada konvensi HAM internasional. Hal ini merupakan prioritas dalam penghormatan terhadap HAM, dimana masyarakat diminta untuk memanfaatkan, peduli, dan bertanggung jawab terhadap HAM agar juga menjadi perhatian bagi pemegang kebijakan, yaitu pemerintah.

“Jadi momentum politik ini seharusnya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk benar-benar peduli dengan HAM dan siapa yang mau bertanggung jawab dalam proses kebijakan yang memang peduli terhadap masalah HAM,” ujar Manik di Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2023).

“Kita harus segera melakukannya sehingga apa yang disuarakan oleh masyarakat juga dapat diperjuangkan oleh orang-orang di dalam pemerintahan,” katanya.

Sebagai seorang calon anggota DPRD, pelanggaran HAM juga menjadi hal yang penting, termasuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang nyaman bagi aktivis tanpa adanya intimidasi.

“Bagaimana menciptakan Jakarta khususnya sebagai kota yang ramah terhadap demokrasi. Kota yang bisa menghargai perbedaan pendapat. Kota yang tidak mengintimidasi aktivisnya dan bisa bertanggung jawab atas HAM yang dimilikinya,” ujar Manik.

Selain fokus pada pelanggaran HAM, Manik juga akan fokus pada kebebasan berekspresi dengan isu-isu penting seperti kesehatan dan hak ekonomi masyarakat.

“Entah itu dari kebebasan berekspresi sampai isu-isu penting seperti kesehatan, hak ekonomi, dan lain-lain. Itu tetap harus didorong oleh kita,” katanya. (jon)