Perawat makam mendapat rezeki berlimpah dari peziarah menjelang Ramadan

by -73 Views

Mendekati bulan Ramadan, para peziarah datang ke TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Foto/MPI/achmad al fiqri

JAKARTA – Budaya ziarah kubur menjelang Ramadan juga membawa berkah bagi para pencari nafkah di Tempat Pemakaman Umum (TPU). Salah satunya adalah Rumdini (29), petugas perawat makam di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Pria yang sudah bekerja sebagai perawat makam selama 4 tahun ini mengungkapkan bahwa pendapatannya meningkat menjelang bulan Ramadan. Jumlah peziarah yang datang ke makam juga ikut meningkatkan pendapatan Rumdini.

“Ya benar (saya merasakan peningkatan pendapatan), terutama karena banyak yang ziarah. Jadi lumayan,” ujar Rumdini ketika ditemui di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (2/3/2024).

Sebenarnya, Rumdini tidak menetapkan harga jasa untuk merawat makam di Tanah Kusir. Ia mengatakan bahwa biaya perawatan makam itu didonasikan oleh ahli waris.

Pendapatan Rumdini di hari-hari biasa hanya sekitar Rp1 juta per bulan. Namun, pendapatannya bisa meningkat tiga kali lipat menjelang bulan Ramadan seperti sekarang.

“Di bulan Ramadan ini bisa mencapai Rp3-4 juta dari ahli waris. Kalau di hari biasa, biasanya hanya Rp1 juta per bulan dari peziarah,” katanya.

Oleh karena itu, Rumdini merasa bersyukur atas berkah yang didapat menjelang Ramadan. “Alhamdulillah jika banyak ziarah seperti ini. Alhamdulillah,” ucapnya.

(cip)