Kepadatan Lalu Lintas Jakarta saat Hari Pertama Lebaran

by -71 Views

Kondisi lalu lintas di Jakarta pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah terpantau lengang di beberapa titik jalan, Rabu (10/4/2024). Dari pantauan MNC Portal Indonesia, pada pukul 07.00 di Jalan Gatot Subroto dari simpang Patung Pancoran hingga lampu merah lintas Kuningan Jakarta Selatan terlihat lalu lintas yang lengang setelah pemudik pulang ke kampung halaman.

Di Jalan Rasuna Said, Kuningan, situasinya juga sangat lengang tanpa ada kemacetan maupun kepadatan kendaraan. Di Bundaran HI, menuju Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman, terlihat bebas dari kepadatan kendaraan. Banyak warga Jakarta yang menggunakan waktu luang mereka untuk berolahraga, seperti berlari pagi dan bersepeda.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan bahwa Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu (10/4/2024). Penetapan tersebut dilakukan setelah Kemenag mengadakan Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Pada Sidang Isbat tersebut, berbagai pihak seperti pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), organisasi Islam, akademisi, pakar astronomi, BMKG, BRIN, Komisi VII DPR RI, dan perwakilan dari duta besar negara sahabat hadir untuk menetapkan hari lebaran.

Sidang Isbat dilakukan secara tertutup dari pukul 18.15 WIB hingga 19.05 WIB.