Polisi Menduga Penyalur ART yang Melarikan Diri dari Rumah Majikan di Tangerang Terlibat dalam Kasus, Kini menjadi Tersangka

by -68 Views

Polisi Menetapkan Penyalur Tenaga Kerja Sebagai Tersangka dalam Kasus Asisten Rumah Tangga Melompat dari Rumah Majikan di Tangerang

Polisi telah menetapkan penyalur tenaga kerja sebagai tersangka dalam kasus ART yang melompat dari lantai 3 di rumah majikannya. Rumah tersebut terletak di Karawaci, Kota Tangerang.

“Tersangka laki-laki berinisial J bin A (26) sebagai penyalur asisten rumah tangga (ART). Saat ini telah dilakukan penahanan di Rutan Polres Metro Tangerang Kota,” ujar Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dalam keterangannya, Minggu (2/6/2024).

Zain menyebutkan pelaku dijerat dengan Pasal 2 UU RI Nomor 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan/atau Pasal 76i jo. Pasal 88 dan/atau Pasal 76C jo. Pasal 80 UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan/atau Pasal 44 dan/atau Pasal 45 UU RI Nomor 23 Tahun 2004 tentang PKDRT dan/atau Pasal 68 jo. Pasal 185 UU RI Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan/atau Pasal 263 dan atau Pasal 264 dan atau Pasal 333 KUHP.

“Terhadap pelaku dapat terancam hukuman pidana penjara selama 15 tahun,” ucap dia.

Sebelumnya, video viral di media sosial memperlihatkan seorang wanita yang bekerja sebagai ART melompat dari lantai tiga rumah majikannya di Karawaci, Kota Tangerang.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menyebutkan peristiwa itu terjadi pada Rabu (29/5/2024). Pihaknya masih tengah menyelidiki peristiwa tersebut.

“Dari fakta awal yang ada, diketahui korban berinisial CC (16). Akan tetapi, korban juga memiliki KTP berusia 22 tahun. Diduga telah terjadi dugaan peristiwa tindak pidana pemalsuan identitas korban agar korban bisa diperkerjakan sebagai ART. Hal tersebut termasuk dalam TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang),” ungkapnya.

Lebih lanjut, Zain menyebutkan pihaknya masih mendalami peristiwa tersebut, termasuk alasan korban nekat melakukan aksinya.