Jokowi menegur Kaesang Pangarep karena mencalonkan diri dalam Pilkada Jakarta

by -99 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan menanggapi kabar yang menyebutkan bahwa dia melarang anak bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Jokowi meminta semua pihak untuk menanyakan langsung kepada Ketua Umum PSI tersebut.

“Tanyakan kepada yang bernama Kaesang Pangarep,” kata Jokowi setelah menghadiri perayaan HUT HIPMI ke 52 di Fairmont, Jakarta, pada Senin (10/6/2024).

Kabar mengenai larangan Jokowi terhadap Kaesang untuk maju dalam Pilkada Jakarta dikemukakan oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas). Zulhas mengaku telah berdiskusi dengan Jokowi setelah rapat kabinet pada Senin, 3 Juni 2024.

Zulhas menyatakan bahwa dia telah mengusulkan kepada Jokowi agar Kaesang bersama dengan anaknya, Zita Anjani, maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Usulan tersebut bahkan sudah diajukan sejak setahun yang lalu.

Namun, Jokowi melarang Kaesang untuk maju dalam Pilgub Jakarta. “Saya telah bertanya kepada beliau setelah rapat, Pak, bagaimana jika Kaesang maju sebagai Wakil Gubernur Jakarta. Tapi pak Zul, jangan,” ujar Zulhas kepada wartawan pada Senin (3/6/2024).