PKB DKI Siap Mengusung Anies-Kaesang Bersama di Pilkada Jakarta 2024

by -85 Views

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas dan timnya saat konferensi pers di Kantor DPW PKB DKI, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (12/6/2024) siang. FOTO/MPI/REFI SANDI

JAKARTA – DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024. PKB bersedia Anies berpasangan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

“Kami terbuka terkait Calon Wakil Gubernur siapapun, termasuk dengan Mas Kaesang yang sebelumnya dilaporkan oleh media bahwa Mas Kaesang ingin menjadi wakil Pak Anies. Kami juga siap jika Mas Kaesang ingin mencalonkan Wakil Gubernur DKI Jakarta,” kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas saat konferensi pers di Kantor DPW PKB DKI, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (12/6/2024) siang.

Hasbi menyatakan bahwa PKB terus berkomunikasi dengan PSI untuk menjadwalkan Anies-Kaesang sebagai pasangan. “Kami juga sudah berkomunikasi dengan PSI, semoga kita terus berkomunikasi dengan PSI, semoga pasangan Anies-Kaesang,” ungkapnya.

Hasbi juga mengakui bahwa ia masuk dalam radar calon gubernur dari internal PKB. Namun, ia menyadari realitasnya berdasarkan hasil survei yang menunjukkan bahwa Anies Baswedan mampu melanjutkan pembangunan yang dianggap stagnan.

“Saya termasuk yang didorong sebagai calon gubernur dari internal PKB, tapi kita harus realistis berdasarkan survei kami yang menunjukkan bahwa Anies Baswedan dan DKI Jakarta harus dipertahankan agar pembangunan tidak stagnan, sekarang sedang stagnan,” tambahnya.

Anies Baswedan menjadi petahana terkuat untuk maju kembali dalam periode kedua Pilgub Jakarta setelah periode 2017-2022 dianggap berhasil. Anies masuk dalam bursa beberapa partai politik selain PKB, antara lain PKS, NasDem, dan PDIP.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB, Daniel Johan, menyatakan bahwa partainya akan memberikan dukungan penuh kepada Anies Baswedan jika ingin maju dalam kontestasi Pilgub Jakarta 2024 mendatang.

“Saya (PKB) siap memberikan dukungan penuh kepada Anies jika maju dalam Pilgub Jakarta,” kata Daniel saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan pada Sabtu (8/6/2024).

Sementara itu, Anies mengatakan bahwa diskusi terus dilakukan dengan semua tokoh dan partai politik mengenai langkah ke depan dalam Pilgub Jakarta, termasuk dengan PKB.

“Saya terus berdiskusi dengan semua pihak, termasuk PKB yang merupakan rekan seperjuangan,” ujar Anies.