PDIP prediksi Ahok mampu mengungguli Anies dalam Pilkada Jakarta

by -42 Views

PDIP menyebut, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berpotensi mengalahkan Anies Baswedan dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024. Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPP PDIP, Said Abdullah.

Penegasan tersebut disampaikan Said sebagai tanggapan atas hasil survei yang dipublikasikan oleh Litbang Kompas pada bulan Juli ini mengenai tingkat keterpilihan sejumlah tokoh dalam Pilkada Jakarta. Dalam survei tersebut, Ahok berada di peringkat kedua setelah Anies.

Said menyatakan, “Menurut saya, Ahok memiliki tingkat keterpilihan yang sangat mengejutkan, dan ini berpotensi untuk mengalahkan Anies.” Hal ini disampaikan oleh Said di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Rabu (17/7/2024).

Di sisi lain, Said juga memahami jika Anies Baswedan memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi karena sudah didukung oleh sejumlah partai politik.

“Yang mengejutkan adalah Ahok yang sebelumnya tidak pernah diunggulkan juga mendapatkan tingkat keterpilihan yang tinggi. Ini bisa menjadi harapan besar jika Ahok mampu mengejar Anies, meskipun saat ini masih sedikit,” ujarnya.

Sebelumnya, survei Litbang Kompas juga menyebutkan bahwa tingkat keterpilihan Anies Baswedan tertinggi dalam Pilkada Jakarta 2024 dengan 29,8% dukungan dari pemilih.

Selain Anies dan Ahok, Ridwan Kamil (RK) juga mendapatkan dukungan yang tinggi dengan elektabilitas sebesar 8,5%, menempatkannya di posisi ketiga.

(maf)