Selain Ide, Ridwan Kamil Mengungkapkan Bahwa Dia Melatih Kemampuan Berbicara di Depan Publik serta Menciptakan Pantun Jelang Debat Pilkada

by -69 Views
Selain Ide, Ridwan Kamil Mengungkapkan Bahwa Dia Melatih Kemampuan Berbicara di Depan Publik serta Menciptakan Pantun Jelang Debat Pilkada

loading…

Calon Gubernur Nomor Urut 1 Ridwan Kamil membuka suara mengenai persiapan debat perdana Pilkada Jakarta pada Minggu (6/10/2024). Foto/Jonathan Simanjuntak

JAKARTA – Calon Gubernur Nomor Urut 1 Ridwan Kamil membuka suara mengenai persiapan debat perdana Pilkada Jakarta pada Minggu (6/10/2024). Ia mengaku telah berlatih untuk menghadapi debat.

“Debat kalau tidak salah hari Sabtu sudah latihan, saya dan Pak Sus (Suswono) juga ada brief-nya,” kata Ridwan Kamil di Kantor DPD Golkar Jakarta, Senin (30/9/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat tersebut menegaskan tidak hanya menyiapkan ide dan gagasan yang akan dipaparkan. Lebih luas, ia juga mempersiapkan public speaking.

Baca Juga

“Tantangan debat itu ingin ide-ide banyak disampaikan namun waktunya terbatas. Jadi, kami tidak hanya berlatih mengenai ide tapi juga public speaking agar tidak terlalu tegang, membuat suasana ceria,” ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Bahkan Kang Emil juga bercanda bahwa sedang berlatih pantun. Pantun-pantun ini akan diberikan untuk mengurangi ketegangan dalam debat.

“Kami sedang berlatih banyak pantun, salah satunya agar debatnya tidak terlalu tegang,” tambahnya.

(rca)