BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Lebih Tinggi di Tahun 2024 dalam Gelar Pertemuan Tahunan 2023

by -93 Views

Bank Indonesia menggelar pertemuan tahunan untuk mengevaluasi perekonomian di tahun 2023 dan memperkirakan bagaimana perekonomian di tahun 2024. Pertemuan ini dilaksanakan pada Rabu, 29 November 2023 di Hotel Claro Makassar.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, Firdauz Muttaqin, mengatakan bahwa perekonomian global masih akan menghadapi banyak tantangan ke depan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh ekonomi China dan Amerika yang diprediksi belum tumbuh cukup kuat.

Meskipun begitu, ia tetap optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan akan tetap tinggi di tahun 2024. Prediksinya menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan akan berkisar antara 4,7 hingga 5,5 persen, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

BI memperkirakan bahwa permintaan dari sisi eksternal tidak akan cukup kuat di tahun 2024, namun pertumbuhan ekonomi Sulsel akan didorong oleh permintaan dalam negeri yang terus meningkat. Meskipun ekspor diperkirakan akan melambat, pertumbuhan domestik diprediksi akan tetap tinggi.

Dengan demikian, Bank Indonesia optimis bahwa ekonomi Sulawesi Selatan akan tumbuh lebih tinggi di tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.