44 RT dan Beberapa Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

by -92 Views

Banjir Terjadi di Jakarta, 44 RT dan Sejumlah Ruas Jalan Terendam Air

Banjir terjadi di Jalan Kemang Raya, tepatnya di sekitar Kem Chicks dan pertigaan Jalan Taman Kemang, pada Kamis (4/1/2024). BPBD DKI Jakarta mencatat genangan banjir di 44 RT dan belasan ruas jalan di Jakarta akibat hujan deras yang melanda, Kamis (4/1/2024) sore. Genangan banjir tersebar di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang, mengatakan bahwa genangan banjir terjadi di 44 RT dari total 30.772 RT dan sejumlah ruas jalan tergenang. Hujan deras dengan intensitas sedang hingga lebat menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta.

Michael merinci bahwa di Jakarta Selatan, terdapat 20 RT yang tergenang banjir. Selain itu, ada satu RT di Kelurahan Kebon Pala, Jakarta Timur, yang juga terendam akibat curah hujan tinggi. Hingga Kamis (4/1/2024) Pukul 19.00 WIB, tercatat ada 8 ruas jalan tergenang air.

Selain itu, wilayah Jakarta juga mencatat setidaknya ada 11 jalan yang sebelumnya tergenang tapi sudah surut. BPBD DKI mengimbau warga ibu kota untuk mewaspadai cuaca ekstrem selama sepekan ke depan pada pertengahan Januari 2024. Deputi Bidang Meteorologi BMKG juga mengingatkan untuk waspada terhadap potensi hujan intensitas hingga lebat di sejumlah wilayah DKI Jakarta.