Kemajuan Holding Ultra Mikro Dipercepat oleh Transformasi BUMN

by -111 Views

Menteri BUMN RI Erick Thohir mengungkapkan bahwa kehadiran holding ultra mikro merupakan bukti nyata dari dukungan BUMN terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), termasuk segmen ultra mikro. Terobosan ini telah berhasil meningkatkan perkembangan UMKM di seluruh Indonesia.

Transformasi di bidang pembiayaan ultra mikro telah menjadi kontributor penting dalam pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan melalui ekonomi kerakyatan. Holding Ultra Mikro yang terdiri dari BRI, PNM, dan Pegadaian telah membantu segmen ultra mikro dalam mendapatkan akses yang lebih mudah terhadap pembiayaan.

BRI sebagai induk dari Holding Ultra Mikro terus menjalankan transformasi sebagai langkah penting dalam pengembangan segmen UMKM, terutama usaha ultra mikro di Indonesia. Pembentukan Holding UMi dilakukan untuk mengintegrasikan perusahaan BUMN yang fokus pada pelayanan kepada segmen mikro dan ultra mikro agar lebih efisien.

Holding Ultra Mikro telah melayani 36 juta nasabah kredit mikro dan ultra mikro dengan total nilai kredit yang disalurkan mencapai Rp577,9 triliun. Selain pembiayaan, segmen mikro dan ultra mikro juga menjadi nasabah simpanan dengan jumlah besar. Untuk melayani segmen ini, BRI, PNM, dan Pegadaian menggunakan outlet co-location yang dapat digunakan bersama.

Holding Ultra Mikro juga memberikan pendampingan, pembinaan, peningkatan skill, dan akses pasar kepada pelaku usaha ultra mikro agar dapat berkembang dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mereka. Dalam mengakselerasi pelaku usaha untuk naik kelas, BRI mengedepankan aspek pemberdayaan dan menggunakan teknologi dalam proses bisnis.

Baru-baru ini, BRI, Pegadaian, dan PNM meluncurkan aplikasi SenyuM Mobile untuk memberikan akses terhadap layanan keuangan formal kepada segmen ultra mikro. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dan taraf hidup masyarakat ultra mikro.

Holding Ultra Mikro juga membentuk tim sinergi budaya kerja yang dinamai “BRIGADE MADANI” untuk memperkuat ketangguhan UMKM dan mengakselerasi inklusi keuangan. Sinergi Ultra Mikro diharapkan dapat melayani nasabah baru di segmen ultra mikro dan menggerakkan ekonomi kerakyatan.