Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Menurut Tokopedia untuk Tahun 2023

by -74 Views

Industri kecantikan terus berkembang pesat di Indonesia. Berdasarkan data yang dirangkum oleh Tokopedia, tren belanja online produk kecantikan dan perawatan diri terus meningkat sepanjang tahun 2023. Kementerian Perindustrian juga mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB mencapai 3,83% pada kuartal III 2023.

Tokopedia mencatat bahwa kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh menjadi salah satu kategori produk yang paling diminati oleh masyarakat selama tahun 2023. Beberapa produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia antara lain adalah bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream, dan eyeliner. Sementara itu, produk perawatan diri yang laris manis adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum, dan sunscreen wajah.

Tren ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah, terutama setelah pandemi. Hal ini juga tidak lepas dari berbagai tren kecantikan yang populer di media sosial, seperti clean girl makeup, glass skin, latte makeup, dan strawberry makeup.

Selain itu, Tokopedia juga melihat peningkatan jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri di berbagai daerah di Indonesia sepanjang tahun 2023. Beberapa daerah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual adalah Pesisir Selatan (Sumatra Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), Sampang (Jawa Timur), Rokan Hulu (Riau), dan Ambon (Maluku).

Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal kecantikan dan perawatan diri, Tokopedia mengadakan berbagai inisiatif dan kampanye, seperti Tokopedia Beauty dan Beli Lokal. Ini merupakan upaya untuk memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha di industri kecantikan, termasuk brand lokal.

Melalui kampanye Tokopedia Beauty, masyarakat dapat menemukan promo diskon, eksklusif produk, flash sale, dan bebas ongkir agar belanja online menjadi lebih hemat. Selain itu, kehadiran kampanye Tokopedia Beauty juga membantu brand lokal kecantikan dan perawatan diri mengalami peningkatan penjualan yang signifikan.

Selain Tokopedia Beauty, Tokopedia juga mengadakan Tokopedia Beauty Awards (TBA), yang merupakan ajang penghargaan tahunan untuk mengapresiasi produk kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat Indonesia.

Pada akhir tahun 2023, Tokopedia bersama TikTok juga meluncurkan kampanye Beli Lokal, yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Kampanye Beli Lokal ini telah memberikan dampak positif pada penjualan brand lokal, dengan beberapa brand lokal mengalami kenaikan penjualan hingga puluhan persen.

Selain memperluas jangkauan para pelaku usaha ke seluruh Indonesia, kampanye Beli Lokal juga membantu produk-produk lokal untuk lebih dikenal oleh masyarakat. Kedua kampanye ini, Tokopedia Beauty dan Beli Lokal, membuktikan komitmen Tokopedia dalam mendukung pertumbuhan industri kecantikan lokal di Indonesia.